Babinsa Kodim 0824/Jember Pelda Iwan Abdilah, Raih Juara II  Brawijaya Award 2023, Sebagai Babinsa Inspirtif

    Babinsa Kodim 0824/Jember Pelda Iwan Abdilah, Raih Juara II  Brawijaya Award 2023, Sebagai Babinsa Inspirtif

    JEMBER - Dilaksanakannya penganugerahan Brawijaya Awards 2023 untuk  para Babinsa yang berprestasi di Jawa Timur, sebuah momen kebahagian tersendiri buat Kodim 0824/Jember, khususnya Pelda Iwan Abdillah Babinsa Patrang yang meraih juara II Katagori aksi sosial.

    Gelaran Brawijaya Awards 2023 merupakan kegiatan yang dilakukan dalam memberikan apresiasi kepada para Babinsa yang berprestasi,  sebuah ajang penghargaan yang patut dilakukan, dan pertama sepanjang masa, hasil kerjasama antara Kodam V/Brawijaya dan Harian Disway. Penghargaan  yang pantas diberikan bagi para Babinsa yang dengan penuh dedikasi menjalankan program-program kemasyarakatan dalam pembinaan teritorial  di wilayah binaan mereka.

    Sebelumnya proses seleksi ketat telah berlangsung, menyaring 10 Babinsa terbaik dari setiap Kodim dijajaran Kodam V/Brw, masing-masing menampilkan program andalannya dalam kategori yang beraneka ragam, diantaranya  Kerukunan Antar Umat Beragama hingga Kategori Kesehatan.

    Mengerucut hingga dipilih 50 Babinsa finalis yang  telah ditentukan, untuk 10 kategori,  sehingga dipilih 5 anggota Babinsa terbaik dari setiap kategori. Dalam upaya untuk menilai secara objektif, empat tim juri dilibatkan untuk melakukan survey langsung ke desa binaan para Babinsa. Proses penjurian berlangsung selama benerapa minggu, untuk memberikan penilaian secara obyektif, sehingga benar-benar memiliki yang terbaik diantara yang baik.

    Satu Karya  Babinsa dari Kodim 0824/Jember Pelda Iwan Abdillah Babinsa Patrang Kodim 0824/Jember, juga berhasil masuk sebagai finalis dalam Kategori aksi sosial, dengan persaingan ketat diantara kandidat lainnya, diantaranya  Sertu Hajib, Babinsa Desa Bendo, Kodim 0808/Blitar, dengan cara KB Vasektomi.

    Sementara Serda Misbahul Munir Babinsa Kelurahan Sawunggaling, Kodim 0832/Surabaya Selatan dengan program Berduka saat anak stunting meninggal, Serda Ahmad Saiful desa Pangeran Gedungan, Kodim 0829/Bangkalan Madura dengan program infus seputar gelegar dengan aksi sosial bantu sesama.

    Akhirnya  Pelda Iwan Abdillah Babinsa Patrang Kodim 0824/Jember, yang meraih posisi runner-up dalam katagori aksi sosial, dengan program Serbu Sarang Sabu Gerakan Seribu Sebulan, Sedangkan peraih pertama diraih Serda Ribut Juprianto Babinsa desa Sobontoro, Kodim 0807/Tulungagung dengan program posyandu kesehatan jiwa ODGJ.

    Menyikapi hal tersebut Dandim Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso menyampaikan, “Kami semua merasa terinspirasi oleh keberhasilan Babinsa yang telah berpartisipasi dalam Brawijaya Awards 2023. Semoga penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan membawa perubahan positif dalam lingkungan sekitar.”

    “Mari kita bersama-sama memberikan dukungan dan apresiasi yang setimpal bagi Babinsa yang telah berjuang keras demi masyarakat dan dengan menyisihkan uang seribu sangat bermanfaat. Dengan aksi nyata kita, kita bisa menciptakan perubahan positif yang luar biasa di sekitar kita, ” pungkas Letkol Rahmat Cahyo Dinarso.

    Sementara Pelda Iwan Abdillah (42 tahun), kepada awak media  menerangkan, Ia memliki gagasan untuk membantu masyarakat dengan membuat program “Serbu Sarang Sabu” (Seribu Satu Orang Satu Bulan). Program ini dibentuk pada tanggal 19 Desember 2019 bertepatan dengan hari Bela Negara ke 71 yang bertemakan “Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat”

    Alhasil Uang Rp. 1.000, - bagi kebanyakan orang mungkin tidak berarti, tetapi ketika uang RP. 1.000, - tersebut dikumpulkan walau hanya dalam 1 (satu) bulan 1 (satu) yang dikumpulkan melalui Ketua OSIS di Sekolah sedangkan dari masyarakat melalui Ketua RT/RW dapat menghasilkan uang cukup besar dan bisa membantu masyarakat dalam merenovasi rumah menjadi lebih layak huni.

    “Dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun Serbu Sarang Sabu sudah dapat membantu merenovasi sebanyak 7 unit rumah dan 1 unit musholla, ” beber Pelda Iwan Abdillah.

    Masih kata Babinsa Patrang itu, Selain kegiatan renovasi rumah dan Musholla, dengan “Serbu Sarang Sabu” kami juga melaksanakan santunan kepada anak yatim, janda lansia dan dhuafa serta bagi Al Quran.

    Semoga “Serbu Sarang Sabu” dapat memotivasi generasi muda dan masyarakat untuk memiliki rasa kepekaan sosial yang tinggi. (Siswandi)

    kodim jember
    Siswandi

    Siswandi

    Artikel Sebelumnya

    Dansatgas TMMD Ke 117 Kodim 0824/Jember...

    Artikel Berikutnya

    Peningkatan Jalan AspalTMMD Ke 117 Capai...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Bripka M Habibi Bhabinkamtibmas Ketinggalan Polsek Jombang, Polres Jember, Berhasil Mediasi Permasalahan Warga 
    Presiden Jokowi Jamu Santap Malam Para Pemimpin dan Delegasi KTT WWF Ke-10 di GWK
    Dekat di Hati Masyarakat, Satgas Yonif 115/ML Membina Kemampuan Bola Voli Masyarakat Kampung Yambi

    Ikuti Kami