Mengawal Pemilu Damai 2024, Polres Jember Gelar Apel Kebangsaan 

    Mengawal Pemilu Damai 2024, Polres Jember Gelar Apel Kebangsaan 

    Jember, -  Untuk memastikan kelancaran dan kedamaian pelaksanaan Pemilu 2024, Polres Jember menggelar Apel Kebangsaan. Acara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jember, AKBP Moh. Nurhidayat SH, S.I.K, MM, berlangsung di Taman Edukasi Kebangsaan Universitas Jember, Kamis (18/1/2024).

    Apel Kebangsaan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh akademis Universitas Jember, termasuk Dr. Ir. Iwan Taruna, M. Eng., IPM (Rektor UNEJ), Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Akademik), Plt. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. drg. Sri Hernawati, M.Kes. (Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum), serta Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi).

    Kapolres Jember, dalam sambutannya, menekankan pentingnya pengawalan terhadap tahapan pemilu. "Mengawal kegiatan tahapan pemilu, kita mendukung agar kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada, termasuk netralitas dan penegakan hukum, " ujar AKBP Moh. Nurhidayat.

    Sedang Dr. Ir. Iwan Taruna, M. Eng., IPM. Rektor UNEJ, menyampaikan tentang acara ini, "Kita mempunyai tujuan bersama bagaimana pelaksanaan pemilu berlangsung dengan damai, bagaimana proses pemilu berlangsung sesuai yang diharapkan sehingga masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya dengan bebas, langsung, rahasia dengan rasa aman, tanpa tekanan dan kekerasan", ucapnya. 

    Ditengah acara tersebut dilakukan pula Orasi Kebangsaan yang disampaikan oleh Ketua senat dan Dosen Fakultas Ilmu Budaya, Drs. Andang Subahrianto, M.Hum, yang intinya, Indonesia sebagai negara yang dirumuskan, memiliki karakteristik unik yang tidak hanya berlandaskan pada kekuasaan atau agama.

    Dalam rumusannya, Indonesia menegaskan diri sebagai negara hukum yang berdasarkan Pancasila, filsafat dasar yang mencerminkan nilai-nilai dasar bangsa. Pancasila memuat nilai-nilai seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, jelas Andang Subahrianto. 

    Polres Jember mengharapkan acara ini dapat memperkuat sinergi antara kepolisian dan lembaga akademis dalam menjaga ketertiban selama proses pemilu. Polri utamanya Polres Jember yang mempunyai wewenang dalam Harkamtibmas ingin dan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pemilu yang demokratis, damai, dan terjamin keamanannya. (AR).

    #polresjember #humaspilresjember #mohnurhidayat jember apel kebnagsaan pemilu damai
    Siswandi

    Siswandi

    Artikel Sebelumnya

    Aliansi BEM di Jember Deklarasi Tolak Praktek...

    Artikel Berikutnya

    Ngopi Bareng Camat Puger dan Tiga Pilar...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Pendampingan Pertanian Babinsa Koramil 0824/05 Sumberjambe, Dukung Percepatan Tanam
    Babinsa Koramil 0824/12 Kaliwates hadiri Pertemuan Kelompok Tani Sempusari, Motivasi Percepatan dan Perluasan Area Tanam
    Satgas Yonif 115/ML Kembali Kunjungi Kampung Yalinggua dan Bantu Atasi Kesulitan Masyarakat 

    Ikuti Kami